KULIAH TAMU DAN SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SEJARAH

Tema:
“Pembelajaran Sejarah Berbasis Lawatan Budaya dan Digitalisasi Sumber Sejarah Islam di Era Global”

I. Latar Belakang

Pembelajaran sejarah pada era global menuntut pendekatan yang inovatif dan kontekstual. Sejarah tidak hanya dipelajari melalui teks dan teori, tetapi perlu dihidupkan melalui pengalaman langsung di lapangan (experiential learning), serta didukung oleh pemanfaatan teknologi digital dalam penelitian dan dokumentasi sumber sejarah.

Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Nusantara PGRI Kediri, yang memiliki visi “Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan sejarah, kesejarahan, serta pariwisata budaya berbasis kearifan lokal yang bereputasi regional ASEAN untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, tangguh, dan inovatif,” berkomitmen memperluas kolaborasi akademik dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan Kuliah Tamu dan Seminar Nasional Pendidikan Sejarah ini menghadirkan dua narasumber dari perguruan tinggi mitra — IAKN Ambon dan UIN Raden Mas Said Surakarta — yang akan berbagi pengalaman terbaik (best practice) dalam pengembangan pembelajaran sejarah berbasis lawatan budaya dan digitalisasi sumber sejarah Islam.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) dan implementasi kerja sama antarlembaga, yang akan memperkuat sinergi dalam tridharma perguruan tinggi.

II. Tujuan Kegiatan

  1. Mengembangkan wawasan mahasiswa dan dosen tentang best practice pembelajaran sejarah berbasis lawatan budaya dan digitalisasi sumber sejarah.
  2. Mendorong kolaborasi akademik antara Prodi Pendidikan Sejarah UNP Kediri dengan IAKN Ambon dan UIN Raden Mas Said Surakarta.
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan materi kesejarahan di ruang publik secara kontekstual, komunikatif, dan berbasis data.
  4. Menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam penelitian dan pelestarian sumber sejarah Islam.

III. Waktu dan Tempat

  • Hari/Tanggal: Selasa, 11 November 2025
  • Waktu: 08.00 WIB – selesai
  • Tempat: Ruang A5, Kampus 1 Universitas Nusantara PGRI Kediri


IV. Susunan Acara

WaktuAcaraPenanggung Jawab
08.00–08.30Registrasi PesertaPanitia
08.30–09.00Pembukaan & Lagu Indonesia RayaMC & Panitia
09.00–09.30Sambutan Ketua Prodi & Dekan FKIP UNP KediriPimpinan
09.30–10.00Penandatanganan MoA & Implementasi Kerja SamaUNP Kediri – IAKN Ambon – UIN RMS Surakarta
10.00–12.00Kuliah Tamu & Seminar NasionalModerator
12.00–12.30Diskusi dan Tanya JawabModerator
12.30–13.00Penutupan & DokumentasiPanitia

V. Narasumber dan Materi

1. Belly I. Kristyowidi, S.Hum., M.Pd.

Prodi Pariwisata Budaya dan Agama, IAKN Ambon

Judul Materi:

“Best Practice Pembelajaran Sejarah melalui Lawatan Budaya dan Wisata Religi: Menggali Potensi Lokal, Menumbuhkan Cinta Sejarah”

Deskripsi Materi:

Paparan ini menyoroti pentingnya pembelajaran sejarah yang bersentuhan langsung dengan realitas sosial dan kultural masyarakat. Narasumber akan membagikan best practice dalam mengembangkan kegiatan lawatan sejarah dan wisata budaya sebagai media pembelajaran aktif yang mampu membentuk pemahaman kontekstual dan keterampilan komunikasi mahasiswa.

Pokok bahasan:

  1. Strategi menggali potensi wisata sejarah dan religi daerah sebagai sumber belajar.
  2. Teknik perancangan kegiatan field trip atau lawatan budaya berbasis sejarah lokal.
  3. Kiat melatih mahasiswa agar mampu menjadi “pemandu sejarah” yang komunikatif, faktual, dan inspiratif.
  4. Studi kasus praktik lapangan di Ambon dan Maluku Tengah: kolaborasi antara mahasiswa, pemerintah daerah, dan komunitas budaya.

Luaran:

Mahasiswa memahami bagaimana potensi wisata sejarah dan religi dapat dioptimalkan sebagai sarana edukatif. Mereka dituntut mampu menyampaikan materi kesejarahan secara lisan maupun digital, dengan memanfaatkan narasi budaya dan pengalaman langsung di lapangan.

2. Latif Kusairi, S.S., M.Hum.

Prodi Sejarah Peradaban Islam, UIN Raden Mas Said Surakarta
Judul Materi:

“Digitalisasi Sumber dan Riset Sejarah Islam Nusantara: Peluang, Tantangan, dan Inovasi Pembelajaran”

Deskripsi Materi:

Materi ini fokus pada penguatan literasi digital dalam riset sejarah Islam di Indonesia. Narasumber akan memaparkan langkah-langkah pencarian, verifikasi, dan pemanfaatan sumber digital dalam studi sejarah, serta memberikan contoh penerapan digital archive, open access database, dan digital storytelling dalam pengajaran sejarah Islam Nusantara.

Pokok bahasan:

  1. Tren digitalisasi sumber sejarah dan arsip Islam di Indonesia.
  2. Teknik menemukan dan mengkritisi sumber digital (manuskrip, arsip daring, database sejarah).
  3. Pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran sejarah berbasis riset.
  4. Etika dan keabsahan sumber dalam konteks penelitian digital.
  5. Studi kasus pengembangan riset digital di UIN RMS Surakarta.

Luaran:

Mahasiswa mampu memanfaatkan sumber digital untuk memperkaya kajian sejarah Islam, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, serta memahami pentingnya digital humanities dalam memperkuat eksistensi ilmu sejarah di era teknologi.

Leave a Comment